Begini cara membuat lubang pada kramik | KORAN LINGGAU.COMhttp://koranlinggau.com/

18 April 2017

Begini cara membuat lubang pada kramik

Tak selama-lamanya dinding ditutup dengan susunan dari adonan semen pasir atau acian. Ada berapakah orang yang lebih tertarik menggunakan keramik untuk tutup permukaan dinding itu dengan argumen lebih gampang perawatannya serta tak memerlukan cat lagi. Tetapi kadang-kadang dinding dari keramik ini bisa menimbulkan permasalahan sendiri. Umpamanya jika menginginkan bikin lubang untuk menempatkan hiasan dinding atau kepentingan yang lain.

Menurut Khedanta, langkah bikin lubang pada dinding keramik tehnik memanglah agak tidak sama dengan dinding umum. Lantaran bila tak dikerjakan dengan cara benar serta hati-hati keramik itu bisa pecah atau rusak. Alat yang dipakai untuk bikin lubang ini yakni mesin bor. Janganlah menggunakan paku seperti pada dinding acian sebab keramik miliki karakter yang keras serta paku kurang kuat menembus keramik, hal semacam ini malah menyebabkan dinding keramik jadi rusak.

Langkah pertama, tetapkan lebih dahulu sisi mana yang bakal di beri lubang serta buat titik as yang pas serta akurat serta di beri tandan memakai spidol. Setelah itu tutuplah permukaan dinding dengan satu media yang sifatnya tak licin dengan maksud supaya mata bor tak gampang selip. Umpamanya lakban kasar yang warnanya hitam atau yang lain. Semakin bagus lagi jika menggunakan piringan spesial untuk bikin lubang bor.

lalu sediakan mata bor type berlian yang ukurannya sesuai sama ukuran lubang yang ingin di buat. Supaya sistem pengeboran lebih gampang dikerjakan, celupkan lebih dahulu mata bor tersebut di di air. Kemudian mesin bor dapat dinyalakan serta pengeboran dikerjakan sekitaran lima sampai sepuluh detik saja. Maksudnya yaitu untuk melindungi supaya mata bor itu tak gampang jadi panas.

Pembuatan lubang ini memanglah tak dapat dikerjakan dalam satu kali saat saja sebab keramik lebih keras apabila dikerjakan dengan cara terburu-buru dapat menyebabkan retak-retak pada permukaan dinding. Jadi pengeboran yang pertama tadi cuma berperan untuk bikin titik lubang saja. Walau sekian ukuran putaran mesin bor mesti ada pada tingkat tertinggi serta optimal.

Kemudian titik lubang ini dapat dibasahi dengan air. Maksudnya seperti waktu mata bor di celupkan di air yakni untuk hindari sistem pemanasan pada mata bor itu. Bila sangat panas, mata bor bakal gampang rusak serta jadi tumpul bahkan juga dapat patah. Diluar itu bila keadaannya basah, keramik semakin lebih gampang dibor. Banding dengan keramik yang bakal dipotong, harus juga di rendam dahulu di air.

Bila perlu, permukaan keramik yang bakal di beri lubang ini dapat di beri busa basah, hingga debu yang keluar akan tidak menyebabkan kekotoran atau terbang lalu masuk dalam mata dan terhisap oleh hidung orang yang tengah kerjakan pekerjaan ini. walau telah memakai alat pelindung seperti kacamata atau masker, momen seperti ini tetaplah dapat berlangsung.

Hal-hal lain yang butuh di perhatikan, waktu sistem pengeboran tengah dikerjakan posisi mata bor mesti senantiasa dalam keadaan yang tegak tak bisa miring serta ditekan sekuat mungkin saja memakai tangan. Bila posisi mata bor miring, lubang yang dibuat jadi tak prima terkecuali bila lubang itu juga di buat miring. Sedang penekanan yang kuat mempunyai tujuan untuk melindungi supaya mata bor tak alami pergeseran. Bahkan juga bila tak ditekan dengan kuat, mata bor dapat keluar serta hal semacam ini begitu membahayakan.

Sesudah sukses bikin lubang pada keramik, ganti mata bor dengan ukuran yang lebih kecil. Sebab dinding yang bukanlah adalah susunan keramik yakni batu bata miliki karakter yang tidaklah terlalu keras atau lunak. Jika menggunakan mata bor dengan ukuran yang sama ada peluang lubang itu miliki ukuran diameter yang semakin besar. Hingga lubang itu tidak bisa dipakai.v