4 cara ini bisa buat kamu hemat kuota | KORAN LINGGAU.COMhttp://koranlinggau.com/

22 April 2017

4 cara ini bisa buat kamu hemat kuota




ADari browsing, streaming video, hingga main sosmed, dan banyak aktivitas lainnya yang tak disadari menguras habis kuota internet smartphone kamu. Kecuali jika kamu sudah memiliki pengaturan atau rencana penggunaan kuota agar bisa hemat, namun sayangnya tidak semua orang menyiapkan sampai sedetail itu. Beruntung kali ini kami dari tim redaksi wartanusa akan memberikan tips dan cara menghemat kuota internet di smartphone. Jadi bagi kamu-kamu yang merasa sangat boros ketika menggunakan paket data, simak baik-baik tips berikut ini

1. Opera Max

Opera Max adalah aplikasi VPN (Virtual Private Network) yang menggunakan kompresi untuk mengurangi penggunaan data sebanyak 50%. Setiap kali salah satu aplikasi di smartphone kamu tersambung ke internet, sambungan akan berjalan melalui server Opera. Sambungan tersebut akan dikompres sebelum diterima smartphone kamu. Aplikasi ini memonitor baik paket data dan penggunaan Wi-Fi, dan bekerja pada hampir setiap aplikasi, termasuk YouTube. Opera Max bukan tanpa keterbatasan. VPN gratis seringkali tidak sebaik alternatif dibayar, dan untuk mendapatkan penggunaan tak terbatas, kamu harus memasang Opera Max versi berbayar dengan iklan di layar smartphone kamu.

2. Opera Browser dan Opera Mini

Selain Opera Max, Opera juga memiliki aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menghemat kuota internet kamu. Yakni Opera Browser. Opera Browser memiliki fitur penghematan data yang disebut Opera Turbo yang akan mengkompres halaman web, termasuk semua konten seperti gambar dan video.

Opera Turbo dapat mengkompres konten web hingga 50%. Jika kamu paket data kamu sudah ada di ujung tanduk, kamu bisa menggunakan Opera Mini sebagai gantinya. Opera Mini mengurangi halaman web menjadi 10% dari ukuran aslinya, meskipun kamu mungkin kehilangan beberapa fungsi di situs tertentu sebagai hasilnya.

Keuntungan dari menggunakan browser yang memiliki fitur kompresi data adalah bahwa kamu hanya perlu menggunakannya ketika kamu ingin menghemat kuota internet smartphone kamu. Kamu masih bisa menggunakan browser normal atau browser bawaan kamu ketika kamu berada di area Wi-Fi, dan hanya beralih ke Opera ketika diperlukan.

3. Facebook Lite

Kebanyakan orang saat ini menggunakan Facebook, dan sebagian besar dari mereka menggunakan aplikasi resmi Facebook di smartphone mereka masing-masing. Jika kamu ingin menghemat kuota internet paket data kamu, menggunakan aplikasi Facebook sangat tidak disarankan. Aplikasi tersebut akan terus berjalan di background dan membombardir smartphone kamu dengan pemberitahuan sepanjang hari yang tentunya menggunkan paket data. Namun jangan khawatir, Facebook menyediakan Facebook Lite sebagai pengganti yang lebih ramah dalam penggunaan paket data.

4. Matikan Data Connection Bila Tidak Digunakan

Mematikan data adalah cara paling ampuh untuk menghemat kuota internet kamu, karena Android merupakan sistem operasi dengan aplikasi yang masih berjalan meskipun aplikasi telah ditutup. Ini bisa dilihat ketika kamu menutup aplikasi WhatsApp misalnya, maka kamu akan tetap mendapat pemberitahuan dari WhatsApp tersebut kalau ada chat atau semacamnya.

Nah, itulah cara menghemat kuota internet paket data kamu. Bisa dicoba supaya kamu bisa menghemat lebih banyak kuota dan tidak boros dalam membeli paket data. Sekian rubrik tips dan cara khusus smartphone ini, semoga bermanfaat