Cek 4 julukan paling populer buat indonesia | KORAN LINGGAU.COMhttp://koranlinggau.com/

22 April 2017

Cek 4 julukan paling populer buat indonesia



Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang cukup disegani berbagai negara yang ada di dunia. Kekayaan alam dan budaya yang ada di Indonesia membuat negara ini menjadi unggul dalam berbagai bidang. Karena keunggulannya tersebut, Indonesia mendapatkan berbagai macam julukan dari negara-negara asing.

Beberapa dari julukan ini, Anda mungkin pernah dengar sebelumnya. Berikut ini, berbagai macam julukan bagi Indonesia seperti yang dilansir dari traveller, yaitu:
1. Balinesia
Julukan pertama bagi negara Indonesia adalah Balinesia. Julukan ini sangat terkenal di kalangan para turis asing. Bali merupakan salah satu wilayah yang ada di Indonesia. Keindahan alamnya yang masih sangat terjaga dan budaya-budayanya yang masih benar-benar bercampur menjadi satu, menjadikan Bali sebagai salah satu destinasi wisata yang cocok bagi banyak orang.

Julukan Balinesia merupakan salah satu julukan yang sangat spesial bagi negara Indonesia. Apabila berkunjung ke Bali, Anda pasti akan merasakan bagaimana wisatanya yang masih benar-benar cantik dan kebudayaannya yang masih benar-benar kental. Bali juga menjadi salah satu destinasi wisata yang utama di mata para turis mancanegara. Rasanya, hidup belum lengkap jika belum berkunjung ke Bali.
2. Negara Seribu Pulau
Julukan kedua bagi negara Indonesia adalah Negara Seribu Pulau. Di dunia ini tidak hanya Indonesia saja yang merupakan negara kepulauan. Ada 193 negara yang sudah diakui dan berdaulat menjadi anggota PBB. Dari 193 negara tersebut, rupanya Indonesia menduduki peringkat pertama untuk jumlah kepulauan yang ada di negeri ini. Tercatat sebanyak 17800 pulau ada di negeri kita ini.

Luas wilayah dari negara Indonesia sendiri tidak bisa diremehkan, yaitu satu juta 945000 persegi. Pulau-pulau ini tersebar dari Sabang sampai Merauke. Masing-masing tentu memiliki keunikan tersendiri.
3. Negara Nusantara
Julukan ketiga bagi negara Indonesia adalah negara nusantara. Nusantara sendiri memiliki arti pulau di luar jawa atau pulau lain merupakan pengaruh budaya di luar jawa namun bisa diklaim sebagai daerah taklukan. Rupanya, julukan nusantara ini memiliki sejarah yang sangat spesial. Julukan dari nusantara ini dipelopori oleh salah satu kerajaan yang ada di Indonesia pada saat itu yaitu kerajaan majapahit. Dalam literatur jawa kerajaan majapahit memiliki daerah kekuasaan dari sumatera sampai papua. Tidak hanya itu, menurut sejarah, thailand menjadi salah satu negara yang pernah masuk ke wilayah nusantara. Hal ini dikarenakan dahulu wilayah dari kerajaan majapahit ini sampai ke thailand. Kerajaan majapahit memiliki daerah kekuasaan yang benar - benar luas.
4. Negara Maritim
Indonesia memiliki dua wilayah, yaitu wilayah darat dan wilayah laut. Namun, wilayah perairan di Indonesia lebih luas dibandingkan wilayah daratan. Hal inilah yang membuat Indonesia diberi julukan Negara Maritim. Rupanya, adanya perbatasan berupa perairan di Indonesia menjadi salah satu hal yang menghambat berbagai suku-suku yang ada di kepulauan lain untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi. Tidak jarang laut dijadikan sebagai tempat untuk menunjukkan kekuatan dan dijadikan tempat sebagai ladang mata pencaharian.

Apabila Indonesia memiliki armada laut yang sangat kuat maka Indonesia mampu untuk mempertahankan kedaulatan dari serangan luar. Banyak orang yang mengatakan bahwa Indonesia bisa maju apabila mereka memanfaatkan potensi laut. Tidak hanya itu, cobalah untuk mundur dan mengingat kembali sejarah Indonesia. Kejayaan Indonesia di masa lampau bisa ada karena nenek moyang mengoptimalkan potensi laut. Laut digunakan sebagai salah satu sarana ketahanan politik dan perekonomian dari negara.,