Banyak yang tak tahu 7 singakatan ini | KORAN LINGGAU.COMhttp://koranlinggau.com/

22 April 2017

Banyak yang tak tahu 7 singakatan ini



Banyak sekali kata yang merupakan akronim atau singkatan yang digunakan sehari-hari. Meski sering didengar, namun tak semuanya tahu apa kepanjangannya.

Agar tak salah ucap ataupun salah mengartikan, berikut kita bahas kepanjangan sebenarnya dari singkatan-singkatan yang tak asing di telinga berikut ini.

DAMRI

Pengguna angkutan umum tentu sering mendengar ataupun melihat kata DAMRI tertera pada angkutan bus milik pemerintah. Tak banyak yang tahu jika DAMRI merupakan singkatan dari Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia. Dalam perkembangan selanjutnya sebagai Perusahaan Umum (Perum), nama DAMRI tetap diabadikan sebagai brand dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini.

GPS

GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System, atau yang dalam bahasa Indonesia disebut Sistem Pemosisi Global. Sistem ini untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi.

BH

BH merupakan singkatan dari Buste Hounder, kata dalam bahasa Belanda yang artinya penyangga payudara. Karena sulit mengucapkannya, banyak yang mengganti kepanjangan BH dengan kata dalam bahasa Inggris, yakni Breast Holder. Namun, sekarang bra lebih sering digunakan ketimbang BH. Bra berasal dari kata dalam bahasa Prancis, brassiere.

WiFi

Meski sering dicari-cari para pengguna ponsel pintar, banyak yang tak tahu apa kepanjangan WiFi. WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity yang merupakan teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan frekuensi tinggi.

JAPRI

Sedang ngobrol di grup, lalu seorang teman mengatakan akan mengirim pesan secara japri. Mungkin sudah tahu maksudnya, namun banyak yang tak tahu kalau japri adalah jalur pribadi. Dalam bahasa Inggris, japri disebut sebagai PM atau personal Message.

ISTORA

Buat yang senang olahraga ataupun nonton konser, pasti sering ke Istora Senayan atau yang juga dikenal sebagai Gelora Bung Karno. Tapi, banyak juga yang tak tahu kalau Istora merupakan singkatan yang kepanjangannya adalah Istana Olahraga.
RIP

Tak salah jika menyebut kepanjangan RIP adalah rest in peace atau beristirahat dengan damai. Namun, RIP mulanya berasal dari bahasa Latin requiescat in pace, yang memiliki arti yang sama. O fie/berbagai sumber.